Jodhi Arizal Nugroho
09408141040
STARBUCK
Seluruh perusahaan strategi keragaman
kami berfokus pada empat bidang: mitra, pelanggan, pemasok dan masyarakat.
Mitra (karyawan) - Kami mencari dan melibatkan mitra yang beragam seperti masyarakat yang kami layani. Berfokus pada pengembangan mitra dengan mendidik dan melibatkan mitra kami.
Pelanggan - Kami memperpanjang Starbucks Experience untuk semua pelanggan, mengenali dan menanggapi preferensi mereka yang unik dan kebutuhan. Memastikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan menghubungkan dengan pelanggan kami dengan cara budaya yang relevan.
Komunitas - Kami mendukung dan berinvestasi dalam lingkungan lokal dan masyarakat global melalui kemitraan strategis dan peluang pembangunan ekonomi yang memperdalam hubungan kami dengan masyarakat yang kami layani.
Pemasok - Kami
adalah terpercaya dan menyambut perusahaan untuk pemasok melalui program
keragaman pemasok kami yang bekerja untuk meningkatkan pipa kami minoritas dan
pemasok perempuan yang dimiliki.
Starbucks didedikasikan untuk menciptakan tempat kerja yang nilai-nilai dan orang-orang menghormati dari berbagai latar belakang, dan memungkinkan karyawan untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka. Kami menghormati kombinasi unik dari bakat, pengalaman dan perspektif dari masing-masing pasangan, membuat kesuksesan Starbucks mungkin.
Dengan demikian kita mengharapkan pasangan kita untuk bertindak dengan semangat kekeluargaan, toleransi dan kemanusiaan terhadap semua pelanggan membuat merek kami menyambut semua orang.
Pemasaran
Strategi pemasaran yang utama dan posisi Starbucks adalah bagi pelanggan untuk menganggapnya sebagai tempat mereka setelah rumah dan pekerjaan, ini akan menjamin pelanggan mengunjungi toko beberapa kali. Namun juga menyesuaikan posisi untuk toko masing-masing individu sesuai dengan lokasi thespecific itu masuk Bagian penting dari posisi Starbucks 'dalam persaingan adalah bahwa mereka ramah lingkungan. Starbucks tidak umumnya menawarkan harga promosi pada produk-produknya. Ini memiliki reputasi untuk memiliki minuman mahal, lebih jauh lagi, merek Starbucks terlalu mahal. Perusahaan ini terutama tergantung pada merek pendapatan tinggi, yang bisa berisiko dari kompetisi. Namun tampaknya menjadi pemimpin pasar ketika datang ke produk baru dan ide-ide.
Strategi pemasaran yang utama dan posisi Starbucks adalah bagi pelanggan untuk menganggapnya sebagai tempat mereka setelah rumah dan pekerjaan, ini akan menjamin pelanggan mengunjungi toko beberapa kali. Namun juga menyesuaikan posisi untuk toko masing-masing individu sesuai dengan lokasi thespecific itu masuk Bagian penting dari posisi Starbucks 'dalam persaingan adalah bahwa mereka ramah lingkungan. Starbucks tidak umumnya menawarkan harga promosi pada produk-produknya. Ini memiliki reputasi untuk memiliki minuman mahal, lebih jauh lagi, merek Starbucks terlalu mahal. Perusahaan ini terutama tergantung pada merek pendapatan tinggi, yang bisa berisiko dari kompetisi. Namun tampaknya menjadi pemimpin pasar ketika datang ke produk baru dan ide-ide.
Targeting
Salah
satu visi dan misi yang dimiliki Starbuck Coffe yaitu menjadi yang terbaik di
tingkat dunia. Dengan modal tersebut, pengelola Starbuck Coffe berusaha
menentukan segmentasi dan target-target konsumen yang akan dibidik sebelum
mereka meluncurkan sebuah produk. Untuk Starbuck sendiri menargetkan ingin
menjadi tempat ketiga bagi konsumen setelah rumah dan tempat kerja mereka.
Posisioning
Starbuck
lebih memilih untuk menciptakan variasi produk yang kualitasnya benar-benar
terjaga, menanamkan brand image yang cukup kuat melalui logo perusahaan yang
digunakan, serta menggunakan produk promosi (merchandise) untuk
memperkuat citra perusahaan yang mereka bangun.
Selanjutnya
adalah strategi positioning untuk membangun loyalitas konsumen. Ketika konsumen
mulai mengenal dan mempercayai produk Anda, selanjutnya buatlah beberapa
program promosi yang bisa menguatkan loyalitas mereka. Misalnya saja seperti
strategi pemasaran Starbuck drive thru yang memudahkan para
konsumen untuk mendapatkan secangkir kopi tanpa harus turun dari kendaraan
mereka, melengkapi produk dengan atribut unik untuk menarik minat konsumen,
serta membuka gerai hingga 24 jam nonstop untuk memenuhi kebutuhan para
konsumennya.
R & D
Peran R & D di Starbucks adalah
membuat campuran R & D dan terutama
terdiri dari kegiatan-kegiatan berikut:
-
kopi Sains
- Teknologi Baru
- peralatan Teknologi
- Pengembangan Produk
- menu Pembangunan
- Coffee Quality Assurance
- Sensory Ilmu
- Teknologi Baru
- peralatan Teknologi
- Pengembangan Produk
- menu Pembangunan
- Coffee Quality Assurance
- Sensory Ilmu
Pengenalan Kartu Starbucks misalnya, Starbucks telah
menciptakan kesempatan untuk meningkatkan layanan pelanggan, memperpendek jalur
dan membuat kunjungan pelanggan di Starbucks Starbucks lebih cepat dan lebih
nyaman terus mencari cara untuk memperbaiki pengalaman pelanggan.
Operasi dan logistik
Operasi utama untuk Starbucks dibagi
ke dalam operasi lokal di Amerika Serikat dan operasi internasional.
Starbucks tergantung terutama pada karyawan mereka untuk mengelola operasi, itu sebabnya mereka berfokus pada pelatihan karyawan karena mereka adalah
aset utama dalam perusahaan. Mereka aremanaging semua
toko di Amerika Serikat, namun
mereka dalam operasi internasional
terkadang mengelola toko mereka,
atau memberikan lisensi, atau masuk ke dalam usaha
patungan dengan perusahaan yang sudah ada. Tapi mereka fokus pada operasi
mereka pada kualitas kopi mereka
Starbucks berurusan dengan pemasok kecil internasional. Starbucks membuat kesepakatan yang baik dengan pemasok mereka untuk memasok kopi dengan harga tetap daripada menggunakan kopi Fair Trade. Mereka terutama
menggunakan non-pembatasan
merokok di toko mereka, namun negara-negara insome karena
konflik budaya mereka harus
memiliki ruangan bebas baik
atau area asap di
udara. Salah satu keuntungan
utama Starbucks memiliki adalah pengalaman akumulatif dari karyawan mereka dalam
operasi, hal ini disebabkan turn over rendah di karyawan dan fokus mereka pada kepuasan karyawan
Sistem
Informasi
Starbucks mengikuti trend utama
bergerak menuju multimedia Solusi Pemasaran langsung dan Web-based model. Pelanggan
mengunjungi situs web untuk membeli produk kopi
dan hadiah, dan belajar lebih banyak tentang seni memanggang kopi dan menyeduh. Situs ini juga menawarkan layanan seperti "Taste matcher"
alat Starbucks, yang interaktif merekomendasikan daging panggang spesifik kopi dan memadukan basis
pada preferensi pelanggan. Terlebih lagi pada akhir November 2001 Starbucks Debit card diperkenalkan di AS. Hal ini telah meningkatkan loyalitas pelanggan sebagai pelanggan baru juga berantusias ke toko Starbucks.
Kebanyakan jika tidak semua lokasi Starbucks memiliki
WI-FI untuk kebutuhan konsumen. Departemen MIS
mempengaruhi mitra Starbucks setiap kali mereka membuka toko, menggunakan perangkat lunak komputer atau
mengirim pesan suara. Departemen
IS di Starbucks
berfokus terutama pada:
Bisnis Pengembangan Aplikasi
produksi Jasa
Retail Sistem Bisnis
strategis Arsitektur
Ref:
http://www.starbucks.com
http://www.marketing.co.id/2012/05/09/inilah-strategi-pemasaran-starbuck-coffe-dan-mcdonald-sehingga-terkenal/
http://www.scribd.com/doc/9913996/Starbuck-strategic-analysis-term-paper
Terimakasih, sangat membantu
BalasHapus