Kamis, 11 Oktober 2012

Analisis Strategi pemasaran - StarBuck



Jodhi Arizal Nugroho
09408141040

STARBUCK
Seluruh perusahaan strategi keragaman kami berfokus pada empat bidang: mitra, pelanggan, pemasok dan masyarakat.

    Mitra (karyawan) - Kami mencari dan melibatkan mitra yang beragam seperti masyarakat yang kami layani. Berfokus pada pengembangan mitra dengan mendidik dan melibatkan mitra kami.
    Pelanggan - Kami memperpanjang Starbucks Experience untuk semua pelanggan, mengenali dan menanggapi preferensi mereka yang unik dan kebutuhan. Memastikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan menghubungkan dengan pelanggan kami dengan cara budaya yang relevan.
    Komunitas - Kami mendukung dan berinvestasi dalam lingkungan lokal dan masyarakat global melalui kemitraan strategis dan peluang pembangunan ekonomi yang memperdalam hubungan kami dengan masyarakat yang kami layani.
    Pemasok - Kami adalah terpercaya dan menyambut perusahaan untuk pemasok melalui program keragaman pemasok kami yang bekerja untuk meningkatkan pipa kami minoritas dan pemasok perempuan yang dimiliki.

Starbucks didedikasikan untuk menciptakan tempat kerja yang nilai-nilai dan orang-orang menghormati dari berbagai latar belakang, dan memungkinkan karyawan untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka. Kami menghormati kombinasi unik dari bakat, pengalaman dan perspektif dari masing-masing pasangan, membuat kesuksesan Starbucks mungkin.

Dengan demikian kita mengharapkan pasangan kita untuk bertindak dengan semangat kekeluargaan, toleransi dan kemanusiaan terhadap semua pelanggan membuat merek kami menyambut semua orang.

Pemasaran
Strategi pemasaran yang utama dan posisi Starbucks adalah bagi pelanggan untuk menganggapnya sebagai tempat mereka setelah rumah dan pekerjaan, ini akan menjamin pelanggan mengunjungi toko beberapa kali. Namun juga menyesuaikan posisi untuk toko masing-masing individu sesuai dengan lokasi thespecific itu masuk Bagian penting dari posisi Starbucks 'dalam persaingan adalah bahwa mereka ramah lingkungan. Starbucks tidak umumnya menawarkan harga promosi pada produk-produknya. Ini memiliki reputasi untuk memiliki minuman mahal, lebih jauh lagi, merek Starbucks terlalu mahal. Perusahaan ini terutama tergantung pada merek pendapatan tinggi, yang bisa berisiko dari kompetisi. Namun tampaknya menjadi pemimpin pasar ketika datang ke produk baru dan ide-ide.
Targeting
Salah satu visi dan misi yang dimiliki Starbuck Coffe yaitu menjadi yang terbaik di tingkat dunia. Dengan modal tersebut, pengelola Starbuck Coffe berusaha menentukan segmentasi dan target-target konsumen yang akan dibidik sebelum mereka meluncurkan sebuah produk. Untuk Starbuck sendiri menargetkan ingin menjadi tempat ketiga bagi konsumen setelah rumah dan tempat kerja mereka.



Posisioning
Starbuck lebih memilih untuk menciptakan variasi produk yang kualitasnya benar-benar terjaga, menanamkan brand image yang cukup kuat melalui logo perusahaan yang digunakan, serta menggunakan produk promosi (merchandise) untuk memperkuat citra perusahaan yang mereka bangun.
Selanjutnya adalah strategi positioning untuk membangun loyalitas konsumen. Ketika konsumen mulai mengenal dan mempercayai produk Anda, selanjutnya buatlah beberapa program promosi yang bisa menguatkan loyalitas mereka. Misalnya saja seperti strategi pemasaran Starbuck drive thru yang memudahkan para konsumen untuk mendapatkan secangkir kopi tanpa harus turun dari kendaraan mereka, melengkapi produk dengan atribut unik untuk menarik minat konsumen, serta membuka gerai hingga 24 jam nonstop untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya.

R & D
Peran R & D di Starbucks adalah membuat campuran R & D dan terutama terdiri dari kegiatan-kegiatan berikut:
-  kopi Sains
- Teknologi Baru
- peralatan Teknologi
- Pengembangan Produk
- menu Pembangunan
- Coffee Quality Assurance
- Sensory Ilmu
Pengenalan Kartu Starbucks misalnya, Starbucks telah menciptakan kesempatan untuk meningkatkan layanan pelanggan, memperpendek jalur dan membuat kunjungan pelanggan di Starbucks Starbucks lebih cepat dan lebih nyaman terus mencari cara untuk memperbaiki pengalaman pelanggan.

Operasi dan logistik
Operasi utama untuk Starbucks dibagi ke dalam operasi lokal di Amerika Serikat dan operasi internasional. Starbucks tergantung terutama pada karyawan mereka untuk mengelola operasi, itu sebabnya mereka berfokus pada pelatihan karyawan karena mereka adalah aset utama dalam perusahaan. Mereka aremanaging semua toko di Amerika Serikat, namun mereka dalam operasi internasional terkadang mengelola toko mereka, atau memberikan lisensi, atau masuk ke dalam usaha patungan dengan perusahaan yang sudah ada. Tapi mereka fokus pada operasi mereka pada kualitas kopi mereka
Starbucks berurusan dengan pemasok kecil internasional. Starbucks membuat kesepakatan yang baik dengan pemasok mereka untuk memasok kopi dengan harga tetap daripada menggunakan kopi Fair Trade. Mereka terutama menggunakan non-pembatasan merokok di toko mereka, namun negara-negara insome karena konflik budaya mereka harus memiliki ruangan bebas baik atau area asap di udara. Salah satu keuntungan utama Starbucks memiliki adalah pengalaman akumulatif dari karyawan mereka dalam operasi, hal ini disebabkan turn over rendah di karyawan dan fokus mereka pada kepuasan karyawan
Sistem Informasi
Starbucks mengikuti trend utama bergerak menuju multimedia Solusi Pemasaran langsung dan Web-based model. Pelanggan mengunjungi situs web untuk membeli produk kopi dan hadiah, dan belajar lebih banyak tentang seni memanggang kopi dan menyeduh. Situs ini juga menawarkan layanan seperti "Taste matcher" alat Starbucks, yang interaktif merekomendasikan daging panggang spesifik kopi dan memadukan basis pada preferensi pelanggan. Terlebih lagi pada akhir November 2001 Starbucks Debit card diperkenalkan di AS. Hal ini telah meningkatkan loyalitas pelanggan sebagai pelanggan baru juga berantusias ke toko Starbucks. Kebanyakan jika tidak semua lokasi Starbucks memiliki WI-FI untuk kebutuhan konsumen. Departemen MIS mempengaruhi mitra Starbucks setiap kali mereka membuka toko, menggunakan perangkat lunak komputer atau mengirim pesan suara. Departemen IS di Starbucks berfokus terutama pada:

Bisnis Pengembangan Aplikasi
produksi Jasa
Retail Sistem Bisnis
strategis Arsitektur

Ref:
http://www.starbucks.com
 http://www.marketing.co.id/2012/05/09/inilah-strategi-pemasaran-starbuck-coffe-dan-mcdonald-sehingga-terkenal/
http://www.scribd.com/doc/9913996/Starbuck-strategic-analysis-term-paper

1 komentar: